Wisata Belanja Tas Tanggulangin Sidoarjo

Wisata Belanja Tas Tanggulangin berada di desa dan kecamatan Tanggulangin wilayah kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Desa ini dikenal sebagai pusat kerajinan aneka produk dari bahan kulit sejak tahun 1939 ketika penduduk setempat mulai membuat tas dan koper dari bahan kulit. Usaha pengrajin kulit pun kian berkembang, dan pada tahun 1976, 27 pengrajin mendirikan kelompok usaha dengan nama Industri Tas dan Kopor (Intako).

wisata belanja tas koper tanggulangin sidoarjo

Pada awal tahun 1980-an, Wisata Belanja Tas Tanggulangin mulai banyak dikenal orang dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Sidoarjo. Penataan wilayah ditata dan dikembangkan lebih baik sebagai tempat wisata belanja dimana para wisatawan bisa membeli beraneka macam, tas, dompet, ikat pinggang dan sepatu dengan nyaman. Para pengrajin pun terus meningkatkan inovasi dan agar semakin menarik dan bervariasi.

Wisata belanja Tanggulangin dengan deretan toko tas dan sepatu kulit yang menawarkan beberapa desain dipajang sehingga pengunjung bisa saja melihat “window shopping”, sebelum memasuki toko untuk memilih atau membeli. Jika pengunjung mau melongok ke tempat lebih dalam di lorong-lorong desa tersebut, akan banyak dijumpai rumah-rumah yang memproduksi kerajinan kulit juga.

Produk Tas dan koper Tanggulangin memiliki kualitas yang baik yang telah diakui oleh konsumen baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan beberapa merek terkenal pun dapat disaingi oleh produk Tanggulangin. Namun sayang, beberapa konsumen lebih memilih brand terkenal dibandingkan dengan brand lokal.

Pengembangan Wisata Belanja Tas Tanggulangin Sidoarjo 



Wisata Belanja Tas Tanggulangin Sidoarjo pernah mengalami masa suram saat bencana semburan lumpur Lapindo Brantas datang tahun 2006. Meskipun tidak terkena langsung, namun dampaknya sangat dirasakan pengrajin di sana.  Akses menuju wisata Tanggulangin  sering terhambat oleh kemacetan lalu lintas sehingga sangat sulit untuk dijangkau baik oleh para pedagang maupun oleh para wisatawan.  Penjualan di pusat kerajinan tas dan sepatu Tanggulangin itupun langsung menurun secara drastis.

Pemerintah setempat dan para pengrajin  serta koperasi Industri Tas dan Koper (INTAKO) berpikir keras dan mencari jalan keluar bersama. Inovasi-inovasi dan kreativitas dalam menjalankan strategi pemasaran harus segera dilaksanakan, seperti mengadakan even roadshow, pekan promosi, Ekspansi Super Market, Plaza dan Mall sampai dengan membuat toko online.

Saat ini, Wisata Belanja Tas Tanggulangin Sidoarjo mulai menggeliat kembali, setelah akses jalan arteri Porong selesai dibuat. Wisatawan dan pedagang dapat dengan mudah menuju lokasi. Para pengrajin desa Tanggulanginpun terus meningkatkan inovasi karya dan agar semakin lebih menarik, bervariasi dan tentu dengan harga yang bersahabat.

 

Wisata Belanja Tas Tanggulangin Sidoarjo – Kanal Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *