Indahnya Snorkeling di 5 Surga Bawah Laut Terbaik Indonesia

Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim memiliki begitu banyak pulau dan ragam biota laut. Tidak hanya kekayaan sumber daya alam, tetapi keindahan pemandangan bawah laut Indonesia juga tidak dapat diragukan. Dari timur hingga barat Indonesia, berjajar banyak sekali pulau yang menyimpan pesona keindahan bawah lautnya masing-masing.

Raja Ampat, Papua Barat
Sumber: unsplash.com/@dna_threelabsdotofficial

5 Tempat Snorkeling Terbaik Indonesia

Dengan banyaknya pulau dan keragaman biota laut Indonesia yang sangat beragam tentu saja terdapat berbagai tempat yang  layak dikunjungi untuk dinikmati keindahan bawah lautnya. Tidak heran jika banyak sekali wisatawan asing maupun lokal yang memang ingin menikmati pemandangan bawah laut tersebut dengan melakukan snorkeling ataupun diving. Apalagi, snorkeling juga cukup mudah dilakukan oleh hampir semua kalangan.

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, tetapi ada beberapa destinasi wisata bawah laut yang juga dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan. Agar tidak penasaran, mari simak 5 surga bawah laut yang menjadi destinasi snorkeling terbaik di Indonesia berikut ini.

1. Pulau Siladen, Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken tentu saja sudah tidak asing di telinga kebanyakan orang- dan memang terkenal akan keanekaragaman biota lautnya. Tidak hanya ditumbuhi terumbu karang yang sangat indah, terdapat berbagai jenis ikan menarik dan beberapa di antaranya juga cukup langka.

Untuk kalian yang ingin menikmati keindahan pemandangan bawah laut tersebut, dapat berkunjung ke Pulau Siladen yang menjadi salah satu pulau di kawasan Taman Nasional Bunaken. Di pulau ini terdapat berbagai fasilitas pendukung seperti penginapan hingga berbagai penyewaan peralatan snorkeling maupun diving.

Tidak hanya itu saja, wisatawan dapat menikmati keindahan Gunung Manado Tua dari sini. Bagi mereka yang tidak berani untuk snorkeling tetap dapat menikmati keindahan pulau ini dari daratan. Oleh karena itu, para wisatawan dapat menikmati keindahan dua alam, dari daratan hingga bawah laut. Jadi, jangan lupa untuk mengambil gambar dengan kamera ponsel ataupun kamera bawah air yang kalian miliki, ya.

Pulau Siladen, Bunaken
Sumber: unsplash.com/@cavespider

2. Pulau Kri, Raja Ampat, Papua Barat

Di wilayah Indonesia yang paling timur ini terdapat sebuah kawasan yang menjadi destinasi wisata kelas dunia, yaitu Raja Ampat. Terkenal sebagai surganya para pecinta snorkeling, tentu saja tempat yang satu ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Terdiri dari berbagai pulau yang indah, wisatawan dapat memilih pulau mana saja yang bisa dikunjungi karena memang semua memiliki keindahan dan pesonanya masing-masing.

Di antara banyaknya pulau di wilayah Raja Ampat, Pulau Kri dapat dikatakan sebagai kawasan indah yang tersembunyi. Relatif jarang dikunjungi wisatawan menjadikan pulau ini pilihan destinasi saat mengunjungi Raja Ampat. Tentu saja yang menjadi daya tarik utama dari pulau ini adalah keindahan bawah lautnya sehingga cocok menjadi salah satu titik snorkeling.

Di pulau ini, para wisatawan tidak hanya akan menyaksikan deretan terumbu karang yang indah. Akan tetapi, terdapat berbagai jenis ikan laut bahkan hiu yang bisa ditemukan tidak jauh dari pulau. Bahkan, para wisatawan dapat berenang di sekitar hiu tanpa perlu berenang terlalu jauh dan dalam. Dan tentu saja keindahan pasir putih dan laut yang jernih juga dapat memanjakan mata para wisatawan yang memutuskan untuk bersantai ataupun menginap di pulau ini.

3. Pulau Penjalin, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Tidak hanya wilayah timur Indonesia yang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Di wilayah barat Indonesia terdapat sebuah destinasi wisata yang dapat disebut sebagai pulau tropis paling indah di Asia, yaitu Kepulauan Anambas yang berada di Kepulauan Riau. Berada di wilayah yang cukup sulit dijangkau, tentu saja wisatawan dapat membayangkan kejernihan dan keindahan alami dari kepulauan ini.

Salah satu pulau yang dapat dikunjungi dari berbagai pulau yang terdapat di Kepulauan Anambas adalah Pulau Penjalin. Pulau ini juga merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di beberapa negara di Asia Tenggara karena berbatasan dengan laut Singapura, Malaysia dan Vietnam. Keindahan terumbu karang dan lautnya yang jernih membuat pulau ini layak dikunjungi untuk sekedar bersantai ataupun menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling.

4. Gili Labak, Jawa Timur

Salah satu destinasi wisata bawah laut yang cukup populer di Pulau Jawa belakangan ini adalah Gili Labak yang berada di kawasan Pulau Madura atau lebih tepatnya di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Dengan keindahan pantai dan biota bawah lautnya yang beragam, membuat tempat yang satu ini wajib masuk daftar destinasi untuk para wisatawan, khususnya yang berada di Jawa Timur.

Fasilitas snorkeling di pulau ini bisa dibilang cukup terjangkau bila dibandingkan beberapa destinasi wisata bawah laut lain yang berada di Indonesia. Akses yang cukup mudah dijangkau juga menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh pulau yang satu ini. Wisatawan dapat menumpang kapal dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep dan menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam untuk mencapai pulau ini.

5. Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Disebut sebagai serpihan surga di Kalimantan, Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur memang pantas untuk mendapat julukan tersebut. Dengan berbagai pulau yang memiliki keragaman biota laut dan pantai yang terjaga keindahannya akan membuat para wisatawan akan memiliki pengalaman indah tak terlupakan, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi snorkeling.

Dari berbagai pulau yang ada di kepulauan ini, Pulau Maratua patut menjadi tujuan utama para wisatawan. Memiliki berbagai penginapan dan pantai yang indah akan memberi pengalaman yang indah bagi siapa pun yang mengunjunginya. Dengan biota laut yang unik juga tentu saja membuat wisatawan wajib menjajal snorkeling di pulau ini, khususnya di Whale Shark Point yang menghadirkan pengalaman untuk berenang bersama dengan hiu paus.

Tidak jauh dari Pulau Maratua juga terdapat pulau lain yang tidak kalah indah, yaitu Pulau Salama atau sering disebut dengan Pulau Kakaban. Di pulau ini terdapat danau yang sangat unik, yaitu Danau Kakaban yang di dalamnya terdapat berbagai ubur-ubur yang tidak menyengat dan indah. Para wisatawan dapat mengalami pengalaman unik dengan berenang bersama ubur-ubur ini.

Nah, itulah beberapa destinasi snorkeling terbaik di Indonesia yang terkadang disebut juga sebagai surga bawah laut. Untuk para penggemar kegiatan snorkeling maupun diving tentu saja jangan sampai untuk melewatkan beberapa destinasi  tersebut. Oleh karena itu, tunggu apalagi? Mari liburan!

 

Indahnya Snorkeling di 5 Surga Bawah Laut Terbaik Indonesia

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *