Wisata Eksotis di Tual Maluku Tenggara

Maluku kepulauan yang ada di Timur Indonesia memiliki pesona wisata bahari tak kalah dengan pulau lain di Indonesia, tepatnya di Kota Tual, meski kurang begitu dikenal, namun kota ini menyimpan banyak keindahan alam bahari.

Wisata Eksotis di Tual Maluku Tenggara

Tepatnya ada di pulau Kei kecil di Maluku sebelah Tenggara, pulau ini berjajar dengan pulau Kei besar dan diapit oleh laut Banda dan laut Arafura. Tual berada di sebelah tenggara Ibu Kota Provinsi Maluku, Ambon. Berdasar data Dinas Pariwisata, Maluku Tenggara hanya memiliki 2 persen daratan dan 98 persen lautan dengan 66 gugusan pulau. Dengan melihat posisi lautan yang lebih mendominasi, menjadikan kota Tual sebagai kota kepulauan (City of small island)

Meski memiliki banyak pulau, hanya ada 13 pulau yang dihuni, pulau lainnya dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi para nelayan yang melaut ataupun sebagai tempat wisata karena ukuran pulau yang kecil-kecil.

Wisata Eksotis di Tual

Tual, dikenal masyarakat Maluku memiliki potensi wisata eksotis. Bila dibandingkan dengan daerah lain di Maluku, obyek wisata alam yang ada di kota Tual mampu menandingi tempat atau objek wisata lain di provinsi Maluku. Namun meski dilihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung, obyek wisata alam di kota Tual masih belum banyak diketahui, mungkin minimnya publikasi baik di media massa atau inisiatif dari Pemda setempat.

Baca juga:   Pemandian Banyu Mili Ponggok Klaten

Bagi penghobi traveling dan berpetualang, Tual menjadi daerah yang paling direkomendasikan dan layak menjadi agenda utama jika ingin mengeksplorasi wisata alam di Indonesia. Karena di daerah ini, akan menawarkan puluhan keindahan laut, pulau dan pantai yang pasti membuat anda terpuaskan. Bisa jadi namanya belum terkenal namun menyimpan banyak keindahan alam bahari.

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang atau disebut Pantai Ngurbloat memang memesona. Pantai ini punya pasir yang sangat halus dan putih bersih dan tenyata pasir pantai ini salah satu yang terhalus di Indonesia.

Ditempuh selama perjalanan kurang lebih 30 menit dari Kota Tual, tiba di Pantai Pasir Panjang akan disuguhi pemandangan luar biasa indah. Terlihat hamparan pasir putih di pantainya yang landai. Saat tersapu kaki terasa pasir yang halus sehalus tepung.

Goa Hawang (Hawang Cave)

Goa Hawang

Goa Hawang tak kalah indahnya dengan goa-goa lainnya di Indonesia. beratapkan kubah stalaktit dan berair biru jernih terletak di Desa Letvuan, Pulau Kei Kecil, Maluku. Ada yang bilang bisa enteng jodoh, mempermudah keturunan, hingga awet muda. Di dalam gua ini kita bisa bebas berenang dan menyelam di dalam sejuknya air.

Baca juga:   Video: Pantai Boom Banyuwangi Tujuan Wisata Keluarga

Saking jernih airnya di sini kita bisa melihat dasar airnya. Saat tiba di pintu masuk gua, kita akan disambut beberapa buah batu yang menggambarkan seorang pria bersenjatakan tombak dengan dua ekor anjingnya.

Konon, pria ini adalah seorang pemburu yang saat itu beristirahat di goa ini dan meminum airnya. Namun, karena rasa pahit yang dia rasakan, pria ini pun mengeluarkan sumpah-serapah hingga roh penghuni goa mengutuknya dan kedua anjingnya menjadi batu. Air di dalam Goa Hawang adalah campuran antara air tawar dan air laut dan kolam Goa Hawang berasal dari aliran mata air Evu. Arus air itu lantas bermuara di laut. Beberapa saat memotret Goa Hawang perjalanan kami lanjutkan ke tempat lain.

Pulau Bair

Pulau Bair

Dalam bahasa lokal, Bair atau Baer memiliki arti ‘tidak terlihat’. Mungkin karena pulau ini kosong dan tidak berpenghuni. Jaraknya juga lumayan jauh dari kota utama seperti Langgur dan Tual. Meski namanya masih terdengar asing di kalangan traveler, untuk sampai di ‘surga’ ini, kita harus menempuh perjalanan laut selama 1 jam dengan speedboat dari Kei kecil. Namun, lelah kita selama di perjalanan akan terbayar lunas dengan keindahan di depan mata yang disamakan dengan miniaturnya Raja Ampat.

Baca juga:   Keunikan Pink Beach di Lombok (Tangsi)

Airnya sangat jernih hijau tosca bisa untuk bebas berenang, menyelam hingga snorkeling. Yang tidak ingin berbasah-basah bisa menggunakan perahu sewa keliling pulau untuk menikmati panorama sekitar. Tebing-tebing batu tinggi yang mengelilingi, juga menambah keindahan Pulau Bair yang dikelilingi hutan mangrove yang hijau dan akan semakin indah kita bisa menikmati alamnya kalau menyaksikan pemandangannya dari ketinggian.

Dari ujung dermaga kayu masih ada kejutan yang menanti kami. Ada sebuah laguna yang cantik luar biasa. Di kanan kirinya, ada tebingtebing karang, serupa dengan yang ada di Raja Ampat! Laguna ini seperti sebuah kolam renang raksasa. Permukaan lautnya tenang, nyaris tanpa ombak.

 

Tual, Surga di Maluku Tenggara

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *