Tips dan Cara Membuka Usaha Travel Sendiri

Bisnis usaha travel bisa menjadi sebuah usaha yang menjanjikan karena banyak masyarakat yang suka untuk bepergian atau jalan-jalan ke tempat wisata yang menarik perhatian mereka, entah itu dalam atau luar negeri. Banyak orang yang tertarik membuat usaha travel karena ingin memberi jasa kepada wisatawan untuk menikmati liburannya dengan mudah. Terlebih bisnis bisnis berbasis online. Lalu bagaimana cara membuka usaha travel sendiri? Simak terus tulisan ini.

Membuka Usaha Travel

Membuka Usaha Travel

Saat-saat ini sedang maraknya bisnis tour dan travel dengan konsep berbasis online, seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi beserta perangkatnya. Bisnis pariwisata ini memiliki peluang yang besar dikarenakan banyaknya tempat wisata yang dapat dikunjungi setiap wisatawan yang ingin berlibur baik di dalam negeri atau di luar negeri bahkan sampai wisata alam yang di daerah pedalaman.

Apalagi saat ini travelling sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat di dunia, baik itu untuk keperluan bisnis atau hanya sekedar liburan saja. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang bepergian, maka sektor pariwisata meningkat dengan pesat, sehingga peluang membuka bisnis dalam industri pariwisata sangat tinggi.

Secara umum, usaha travel memberikan jasa paket tour dan jasa penjualan tiket pesawat, kereta api, Haji dan Umroh, voucher hotel dan lain sebagainya. Usaha ini dapat dikatakan memiliki potensi resiko yang relatif kecil, karena tidak adanya produk cacat, produk ketinggalan jaman, atau hal-hal yang menjadi resiko umum suatu bisnis seperti pada penjualan produk barang.

Cara Membuka Usaha Travel Sendiri

Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa usaha travel ini merupakan usaha perseorangan yaitu usaha yang dimiliki oleh seseorang dan orang itu bertanggungjawab sepenuhnya atas semua resiko dan kegiatan usahanya. Beberapa langkah awal sebelum memulai bisnis travel, ketahui hal-hal berikut ini.

1. Analisis Pesaing Bisnis Travel

Sebelum membuat usaha travel perlu menganalisis pesaing bisnis serupa yang ada untuk mengidentifikasi, menentukan sasaran penting, identifikasi strategi, analisis kekuatan dan kelemahan pesaing.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan observasi ke perusahaan pesaing,  mencoba secara langsung produk dan jasa yang ditawarkan, melakukan wawancara kepada pelanggan, melakukan wawancara kepada karyawan perusahaan pesaing dan melihat media promosi yang disebar oleh pesaing.

2. Tahapan Bisnis Usaha Travel

Dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk usaha travel ada beberapa tahapan yang harus ditempuh, antara lain:

  1. Tahapan Pengembangan Produk (Product Development). Selama tahapan pengembangan produk, usaha tidak memiliki penjualan atau penjualan sama dengan nol, dan biaya investasi perusahaan umumnya sangat tinggi.
  2. Tahapan perkenalan (Introduction). Setelah adanya pengembangan produk maka selanjutnya adalah perkenalan, dimana produk yang sudah jadi diperkenalkan kepada masyarakat dengan melakukan berbagai macam promosi secara terus-menerus dikarenakan produk yang masih baru muncul, sehingga perusahaan perlu melakukan sesuatu agar produk dapat diminta oleh masyarakat.
  3. Tahap Pertumbuhan (Growth). Pada tahap ini dimana produk sudah mulai berkembang dan meningkat. Di dalam tahap ini juga, terjadi periode penerimaan pasar yang cepat dan keuntungan yang meningkat.
  4. Tahap Kedewasaan (Maturity). Pada tahap ini terjadi dimana produk dapat bersaing secara sukses, sehingga dalam jangka panjangnya dapat bertahan di dunia usaha.
  5. Tahap Penurunan (Decline). Tahapan dimana usaha mengalami penurunan penjualan, yang masyarakatnya tidak lagi tertarik dengan produk tersebut dikarenakan ada produk baru yang lebih baik dan menarik.

Kunci Sukses Usaha Travel

Faktor keberhasilan penting dalam usaha travel mencakup isu-isu eksternal dan internal. Oleh karena itu faktor-faktor kunci keberhasilan yang dapat dipertimbangkan oleh pengusaha Travel antara lain sebagai berikut:

1. Menentukan Jenis Usaha Travel

Menentukan jenis travel yang akan berikan dengan jelas itu wajib. Tentukan jasa-jasa yang kan diberikan seperti penjualan paket wisata, penjualan tiket, sewa kendaraan, pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel/homestay atau vila dan lain-lainnya.

Banyaknya variasi jasa pariwisata yang disediakan oleh suatu perusahaan jasa tour dan travel menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan. Konsumen akan lebih tertarik bila pilihan jasanya banyak, sehingga mereka akan memesan melalui tour dan travel tersebut.

2. Profil Usaha Travel

Buatlah profil dan nama usaha travel yang menarik dan mudah diingat dengan baik yang dapat meyakinkan kepada calon konsumen. Profil dan nama penting agar brand usaha travel mudah dikenali dan dihafal oleh orang. Selain itu, kredibilitas usaha dapat dipengaruhi oleh profesionalitas pada profil yang tertera.

3. Merek dan Izin Usaha Travel 

Mendaftarkan merek dan izin usaha wajib dan penting agar berkekuatan hukum. Hal ini untuk menjaga agar nama merek dan logo tidak dapat digunakan oleh orang lain. Dan jangan sampai usaha travel yang dirintis bermasalah dengan hukum karena tidak memiliki izin usaha.

4. Harga dan Layanan

Daya saing harga dipilih menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan karena konsumen akan melaksanakan perbandingan dari berbagai alternatif yang ada dalam menentukan kepuasan konsumen. Harga dan pelayanan yang baik akan membuat konsumen kembali.

5. Promosi dan Pemasaran

Promosi merupakan upaya untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen sehingga calon konsumen dapat menikmati layanan yang ditawarkan. Promosi untuk memperkenalkan usaha baru itu penting agar diketahui terutama orang terdekat dan bisa menyebar. Maksimalkan media sosial dan website sebagai sarana promosi dan pemasaran dengan memberikan informasi yang memang benar-benar dibutuhkan oleh calon pengguna jasa.

6. Jadikan Bisnis Travel Online

Mengembangkan usaha travel di platform digital atau bisnis online akan membuat usaha menjadi lebih efektif dan efisien.Selain memudahkan calon pelanggan dan pelanggan untuk mendapatkan informasi layanan yang disediakan, juga memudahkan transaksi pembelian dan pembayaran.

Salah satu cara adalah dengan membuat website resmi. Website merupakan salah satu sarana penjualan maupun pelayanan yang diberikan oleh usaha kepada konsumen. Setiap website tentunya harus memiliki sistem yang baik, hal ini dibutuhkan agar memudahkan penjual maupun pembeli untuk dapat bertransaksi di website tersebut.

Sistem utama yang harus dibangun tentunya adalah sistem keamanan yang bertujuan untuk menjaga database konsumen yang memasukkan data-data pribadinya di website tersebut, selain itu sistem keamanan yang baik tentunya akan menghindari website dari ancaman hacker. Website juga harus friendly user sehingga semua kalangan tidak kesulitan untuk mengaksesnya.

Untuk mendapatkan website yang handal gunakan hosting murah unlimited dari Niagahoster. Layanan dari penyedia Web Hosting Unlimited dari Niagahoster merupakan pilihan tepat untuk memulai membuat website bisnis travel.

Niagahoster selalu berusaha menghadirkan paket web hosting terbaik yang didesain sedemikian rupa agar siapapun, baik profesional maupun pengguna awam agar dapat menggunakannya dengan sangat mudah baik itu untuk web personal maupun web bisnis.

7. Kerjasama Bisnis

Peluang kerjasama bisnis dengan pihak lain akan sangat membantu dalam hal menjalankan usaha teravel ini. Misalkan menjalin kerjasama dengan travel yang berada diluar kota, jasa transportasi, pemerintah daerah, pengelola tempat wisata dan rumah makan, dan lain sebagainya. Kerjasama akan saling menguntungkan semua pihak.

 

Tips dan Cara Membuka Usaha Travel Sendiri

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.