6 Tips Menunggu Waktu Boarding di Bandara

Bagi yang kerap melakukan perjalanan wisata atau keperluan lainnya menggunakan moda transportasi pesawat, pastinya sudah mengetahui bahwa batas waktu check in penumpang adalah satu jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan dalam negeri dan dua jam untuk penerbangan luar negeri. Biasanya, loket check in dibuka dua jam sebelum keberangkatan dan ditutup tiga puluh menit sebelum pesawat berangkat.

Jika melakukan check in setelah penutupan waktu tersebut, maka tiket pesawat Anda dianggap hangus. Sementara itu, check in tiket pesawat online melalui web (web check in) atau situs mobile (mobile check in) dapat dilakukan sejak tujuh hari hingga empat puluh lima menit sebelum waktu keberangkatan.

Namun, walaupun check in dapat dilakukan hingga tiga puluh menit sebelum waktu keberangkatan pesawat Anda sebaiknya datang lebih awal ke bandara untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemacetan di jalan menuju bandara, antrean yang panjang di loket check in atau imigrasi, yang dapat membuat Anda ketinggalan pesawat.

Tips Menunggu Waktu Boarding di Bandara

 

Tips Menunggu Waktu Boarding di Bandara

Datang lebih awal ke bandara membuat Anda memiliki banyak waktu untuk menunggu waktu keberangkatan Anda. Apalagi jika terjadi keterlambatan jadwal keberangkatan (delay) akibat faktor cuaca, kondisi pesawat, atau hal lainnya, yang membuat waktu tunggu Anda di bandara semakin lama.

Untuk mengantisipasi hal ini dan Anda tidak bosan dalam menunggu, simak tips di bawah ini yang dapat Anda persiapkan dan lakukan sebelum dan selama menunggu di bandara.

1. Isi penuh daya baterai, power bank, dan baterai cadangan Anda

Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer yang kerap dibawa ke mana pun orang urban bepergian, barangkali termasuk Anda. Dalam melakukan perjalanan, apalagi perjalanan panjang, daya baterai merupakan hal krusial yang harus diperhatikan agar segala aktivitas Anda yang kebanyakan menggunakan smartphone dapat selalu dilakukan, seperti mencari informasi, berkomunikasi, mendengar musik, dan lainnya.

Walaupun terdapat loket pengisian daya baterai gratis maupun colokan listrik umum di bandara, namun kita tidak dapat mengetahui apakah loket tersebut tersedia ketika kita sedang membutuhkan. Bisa saja loket tersebut sudah dipenuhi dengan smartphone orang-orang lainnya. Maka sebelum Anda bepergian, pastikan daya baterai semua gawai Anda terisi penuh, termasuk baterai cadangan dan power bank Anda

2. Menikmati musik



Musik dapat membangun suasana dan mood pendengarnya. Dengarkanlah musik kesukaanmu melalui perangkat smartphone atau pemutar musik lainnya agar menunggu keberangkatan tidak lagi membosankan. Mendengarkan musik juga bisa dilakukan bersama dengan aktivitas lain seperti membaca buku atau berselancar di dunia maya. Namun, atur volume musik pada posisi tidak terlalu nyaring agar Anda masih dapat mendengar pengumuman bandara terkait informasi penerbangan Anda atau hal penting lainnya.

3. Membaca buku

Buku merupakan teman ideal perjalanan bagi Anda yang suka membaca. Walaupun membaca buku kini dapat dilakukan melalui gawai seperti smartphone, laptop, atau tablet, namun membaca buku fisik memiliki sensasi pengalaman dan kelebihan tersendiri. Sensasi membuka halaman demi halaman buku dan aroma khas kertas buku tidak dapat kita rasakan pada kegiatan membaca buku melalui perangkat. Selain itu, dengan membaca buku fisik, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai gawai Anda.

4. Belanja di toko duty free

Sambil menunggu waktu keberangkatan, Anda bisa berbelanja atau sekedar “belanja mata” di toko duty free yang menyediakan barang-barang berkualitas internasional dengan harga yang relatif terjangkau. Beberapa produk menarik yang terdapat pada toko duty free yaitu buku-buku luar negeri, parfum, cenderamata khas negara tertentu, hingga ke makanan khas.

5. Makan

Jika Anda merasa lapar, Anda bisa makan di gerai restoran yang ada di bandara, baik makan besar atau sekedar makan cemilan atau minum kopi. Menunggu dengan ditemani makanan dan minuman tidak akan terasa lama. Atau Anda juga dapat melengkapi perbekalan Anda dengan membeli makanan kecil atau obat-obatan di gerai convenience store dalam bandara.

6 Eksplorasi bandara

Setiap bandara memiliki desain arsitektur yang menarik dan khas. Anda dapat melihat keunikan ini dengan berkeliling bandara untuk mengetahui kekhasan arsitektur bandara. Anda juga dapat mengabadikan arsitektur bandara melalui kamera Anda. Foto-foto tersebut dapat Anda jadikan kenangan setiap Anda mengunjungi suatu negara atau daerah.

Sumber: Angkasa Pura I Magazine

 

Menunggu Waktu Boarding di Bandara – Kanal Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *