Ketahui tentang Kegiatan Menyelam

Kegiatan menyelam atau dalam dalam bahasa Inggris scuba diving merupakan salah kegiatan yang lumayan digemari sekarang oleh banyak kalangan. Mulai dari anak muda sampai orang tua banyak yang ketagihan dengan olahraga ini, meskipun kegiatan menyelam dalam air ini membutuhkan skill yang mumpuni karena posisi kita berada di dalam air yang sangat dalam.

Kegiatan Menyelam

Kegiatan Menyelam

Apakah yang dimaksud dengan menyelam? Menyelam ialah aktivitas yang dilakukan di bawah permukaan air, tanpa atau dengan memakai perlengkapan, untuk capai satu arah tertentu.  Bagi sebagian orang, kegiatan ini merupakan olahraga yang mudah karena kita cukup menggendong tabung oksigen (scuba) dan berenang di dalam air.

Sebenarnya kegiatan ini pada awalnya dilakukan dalam rangka penelitian terhadap tumbuhan dan hewan yang ada di dalam laut. Namun seiring dengan berjalannya waktu kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu dari ajang rekreasi yang menarik karena dengan menyelam dapat melihat keindahan biota laut secara asli dan alami secara dekat. Dan juga dapat berinteraksi dengan mereka secara langsung.

Indonesia sendiri sekarang menjadi surganya wisata air bawah laut karena selain memiliki keindahan bawah laut yang begitu menawan juga didukung dengan suasana iklim tropis yang ada di Indonesia dimana cuacanya tidak begitu panas juga tidak terlalu dingin yang menyebabkan banyak para turis manca negara berbondong-bondong berwisata di Indonesia.

Hal itu juga didukung dengan dengan pelayanan yang ramah dari warga Indonesia serta murahnya terhadap penyewaan barang-barang yang ada di Indonesia pula. Sekarang di Indonesia sendiri sudah banyak agen-agen wisata yang menawarkan paket wisata bawah laut yang disesuaikan dengan reservasi hotel-hotel yang berada di pantai dengan pesona laut sebagai poin pentingnya

Baca juga:   Sapta Pesona Wisata Indonesia

Olahraga selam ini memiliki ciri khas sendiri dengan olahraga lainnya diantaranya adalah peralatannya. Pada olahraga ini alat yang dibutuhkan bisa dibilang merupakan alat yang tidak murah harganya, tetapi jika anda memang benar-benar tertarik dengan olahraga ini sebaiknya anda melakukan pembelian terhadap alat-alatnya karena menyewa alat-alat ini pun juga bisa dibilang harganya tidak murah.

Peralatan wajib dalam olahraga ini adalah fins ( kaki katak ), fins ini bertujuan memudahkan anda dalam berenang dengan fins ini anda akan menuju kedalaman yang anda inginkan. Diving Mask (masker/kacamata selam) kacamata selam ini bertujuan agar mata anda terlindungi dari bahaya air laut, karena jika mata kita terlalu lama dengan air maka akibatnya adalah iritasi dan akan terasa perih ketika jika kita tidak menggunakan pelindung mata. Snorkel ( pipa hawa ) pipa ini berfungsi menyalurkan udara yang ada dalam tabung oksigen kedalam mulut anda. Selain itu masih banyak lagi alat-alat lain yang juga berguna dalam olahraga menyelam.

Sebelum anda terjun ke olahraga ini sebaiknya anda bertanya kepada ahlinya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

penyelaman

Sejarah Menyelam

Menyelam pada dasarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu bahkan ada yang mengatakan bahwa aktivitas ini sejak ada sebelum masehi. Pada zaman dahulu aktivitas menyelam hanya digunakan oleh para pelaut untuk mengambil mutiara-mutiara yang ada di kedalaman laut. Hal itupun lambat laun menjadi berkembang setelah aktivitas ini mulai dipergunakan dalam siasat berperang.

Baca juga:   Tips Sewa Mobil Untuk Wisata di Malang

Pada zaman yunani kuno kemampuan dan keahlian menyelam seseorang dipergunakan untuk melubangi kapal musuh. Jadi ketika diadakan peperangan di laut maka sekelompok pasukan yang memiliki keahlian ini mereka masuk ke dalam laut duluan gunanya untuk melubangi kapal musuh mereka. Setelah dipastikan kapal-kapal musuh sudah dilubangi mereka akan mulai menyerang. Selain itu kemampuan mereka pun dipergunakan untuk mencari harta benda yang hasil perang yang tergeletak di dasar lautan.

Berikut akan kami paparkan penemuan benda-benda pada zaman dahulu yang digunakan dalam usaha penyelaman :

1. Diving Bell

Diving bell merupakan alat penyelaman pertama yang muncul di dunia. Pada tahun 1513 seorang yang ahli dalam menyelam Thomas Willian namanya yang membikin sebuah bejana yang besar mirip sebuah tong besar yang memiliki udara yang banyak, alat ini juga memiliki pemberat yang ada di sekelilingnya yang berfungsi memberi tekanan ke dalam sehingga penyelam mampu mencapai dasar lautan. Di dalam bejana tersebut penyelam bisa bernapas dengan baik dengan udara yang ada di dalamnya. Kemampuan bertahan dalam alat ini diperkirakan mencapai satu atau dua jam. Dengan alat ini pula Thomas mampu meraih sebanyak $200 yang tertimbun di dalam laut.

Baca juga:   10 Tips Perjalanan Liburan Dengan Pesawat

2. Breathing Bag

Breathing bag yang ditemukan oleh seorang pakar dari Inggris ini bertujuan menyempurnakan Diving bell Milik Thomas tetapi breathing bag pada zaman dahulu itu terbuat dari kulit yang dijahit yang berguna sebagai penyimpan udara di dalam laut.

3. Diving Suit

Pada th. 1715, seorang Inggris bernama John Lethbridge. Mengembangkan penemuan Thomas dengan menciptakan baju khusus yang digunakan dalam berenang. Baju khusus tersebut terbuat dari beberapa lapis besi dan juga baja. Baju ini dirancang untuk mengurangi tekanan air yang berada dalam laut, namun kelemahan dari baju ini adalah mempersulit si penyelam sendiri karena mereka akan kesulitan bergerak dalam air. Karena beratnya material yang mereka bawa dan juga kesulitan juga di dalam supali udara yang masuk ke mereka ketika menyelam.

4. Pipa Udara

Banyak para penyelam yang mulai memikirkan alat untuk menyelam dengan kedalaman lebih dari 40 feet akhirnya mereka menciptakan pipa udara. Pipa atau selang yang panjang yang tersambung dengan permukaan air laut. Namun setelah diuji berkali kali ternyata pipa udara ini tidak mampu menahan tekanan udara di kedalaman 10 feet.

Sekarang sudah banyak penemuan yang canggih dalam menyelam dengan adanya tabung oksigen dan lain-lain yang memudahkan para penyelam melakukan aktivitasnya selama berjam-jam di dasar lautan.

 

Ketahui tentang Kegiatan Menyelam

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *