3 Solusi Jika Tidak Sanggup Lagi Membayar Cicilan Mobil

Kalau Anda sudah tidak sanggup bayar cicilan mobil maka harus siap untuk berbagai konsekuensinya. Setidaknya ada tiga hal yang perlu segera dilakukan bila tetap ingin mempertahankan mobil yang diangsur untuk tetap bisa Anda miliki. Ada hal – hal yang bisa Anda lakukan sebagai konsumen yang tidak mampu membayar cicilan mobil yang dibelinya.

Solusi Jika Tidak Sanggup Lagi Membayar Cicilan Mobil

Beberapa Pilihan Bagi Anda Yang Tidak Sanggup Bayar Cicilan Mobil

Mengambil mobil dengan sistem kredit tentu ada plus – minusnya. Lebih ringan di kantong dan Anda bisa memiliki mobil meskipun belum lunas pembayarannya. Namun, kalau kondisi keuangan Anda tiba – tiba berubah dan tidak bisa membayar angsuran, ada kemungkinan harus merelakan mobil beserta uang down payment dan cicilan yang sudah dibayarkan, raib begitu saja.

Oleh karena itu, mengelola keuangan saat memiliki cicilan sangatlah penting. Anda perlu mendahulukan membayar angsuran, khususnya bila memiliki gaji kecil. Kalau mulai ada tanda – tanda Anda tidak sanggup bayar cicilan mobil, lakukan hal berikut yang bisa saja menghindari mobil ditarik leasing.

1. Hubungi Leasing

Hal pertama yang konsumen ingat adalah catatan pinjaman Anda dengan leasing bisa berpengaruh secara jangka panjang. Sekali saja Anda gagal bayar dan tidak ada solusi lain selain unit kendaraan ditarik, data tersebut akan tercatat dan akan lebih sulit untuk bisa mengambil cicilan lagi.

Jadi, binalah hubungan baik dengan leasing, khususnya kalau ada kendala dengan angsuran. membayar cicilan kendaraan adalah berkomunikasi dengan pihak leasing. Secara umum pihak leasing memiliki kepentingan dengan Anda memakai jasanya. Oleh karena itu, leasing akan berusaha mencarikan solusi sesuai kapasitas profesional.

Baca juga:   Sejahtera Usia Muda Lewat Asuransi dan Investasi

Anda bisa meminta pengaturan ulang dari kesepakatan kredit sebelumnya. Anda dapat melakukan restrukturisasi kredit atau bahkan refinancing. Keduanya adalah opsi yang memungkinkan kreditur bermasalah untuk dapat menyesuaikan kemampuan membayar cicilannya.

a. Rekonstruksi Kredit

Anda dapat menurunkan bunga kredit, meminta angsuran lebih kecil dari angka sebelumnya dengan ketentuan yang berlaku. Pilihan lain adalah memperpanjang tenor yang tadinya cicilan bisa selesai dalam waktu 3 tahun bisa diperpanjang jadi 4 atau 5 tahun.

Bisa juga mencoba untuk meminta penangguhan waktu pembayaran kalau Anda kira kira akan mendapatkan uang dalam jumlah besar dalam waktu dekat. Konsultasikan pilihan terbaik yang bisa leasing berikan dan baru pilih opsi yang paling mudah bagi kreditor.

b. Refinancing

Ketentuan leasing berbeda – beda kalau mengenai kebijaksanaan refinancing. Ini adalah pilihan yang bisa Anda ambil ketika tidak sanggup bayar cicilan mobil. Suku bunga yang dibebani pada Anda bisa lebih tinggi dari pada sebelumnya. Tidak semua leasing juga bersedia melakukan refinancing, khususnya kalau angsuran sudah tinggal sedikit lagi.

Kalau Anda ingin melakukan hal ini, hubungi pihak leasing dan tanyakan langsung mengenai kemungkinan bisa melakukan refinancing. Anda akan bisa tetap mempertahankan mobil yang Anda angsur, tentu dengan perubahan angka pinjaman yang sudah diajukan sebelumnya.

Baca juga:   Cara Belajar Bahasa Jerman untuk Pemula yang Tepat

Baik proses refinancing dan restrukturisasi mungkin dilakukan dan disetujui tergantung dengan kondisi finansial dan kemampuan Anda untuk melunasinya.

2. Oper Kredit

Solusi masalah tidak sanggup bayar cicilan mobil dicarikan sesuai dengan kemampuan kreditor. Apakah mengalami masalah keuangan berat yang sama sekali tidak bisa mencicil atau hanya tersandung masalah keuangan yang tidak berarti.

Anda dapat melakukan oper kredit yang berarti menjual mobil dan angsuran Anda akan diteruskan oleh orang tersebut. Pilihan ini dapat menghindarkan Anda dari catatan pinjaman yang jelek karena tidak tertera kalau pernah mengalami gagal bayar dan penyitaan.

Kerugian yang Anda derita adalah kehilangan mobil walau dikompensasi dengan sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan bersama. Bisa sejumlah uang muka atau pertimbangan lainnya. Bagaimana caranya oper kredit? Anda bisa melakukannya dengan leasing atau tanpa sepengetahuannya.

3. Lelang Mobil

Dalam memulai mengambil kredit mobil perlu mengetahui ketentuan pembayaran, denda dan berbagai akibat yang harus ditanggung kreditur ketika terbukti tidak bisa meneruskan angsurannya. Kalau opsi seperti rekonstruksi atau oper kredit tidak bisa diambil maka Anda hanya bisa melakukan pelelangan.

Hal ini dilakukan oleh pihak leasing setelah pilihan lainnya tidak berhasil ditempuh. Ini adalah situasi yang tidak menguntungkan pemilik mobil karena besarnya kerugian yang dideritanya.

Pertama, pihak leasing akan melakukan penyitaan unit kendaraan. Anda masih bisa mengupayakan untuk membayar denda, cicilan bulanan dan kadang juga biaya penyitaan bila masih berkeinginan untuk menebusnya di leasing.

Baca juga:   Bermain Game PK XD Android dengan Versi Mod

Kalau Anda tidak dapat melakukannya maka pihak leasing akan melakukan lelang untuk mendapatkan untung dari pengeluaran yang sudah dilakukan. Lelang akan dilakukan untuk semua kekurangan angsuran dan juga hitungan lainnya.

Karena sudah menyerah dan tidak menemukan jalan lain untuk bisa mempertahankan mobil Anda, membiarkannya dilelang adalah solusi terakhir yang tidak menguntungkan pemilik mobil sama sekali. Kalau bisa, pilihan ini sama sekali tidak Anda pilih.

Itulah beberapa jalan keluar yang bisa Anda upayakan untuk menyiasati situasi saat kesulitan membayar angsuran mobil yang sedang berjalan. Kalau Anda bersikap tenang dan berpikiran jernih, ada saja solusi untuk segala masalah. Anda bisa mengusahakan kepemilikan mobil Anda dengan mencoba beberapa cara yang sudah dibahas di atas tersebut.

Anda bisa menggunakan Maybank Finance untuk membantu Anda menangani situasi tidak sanggup bayar cicilan mobil. Maybank Finance terdaftar di OJK (Otoritas Jaminan keuangan) yang dipantau oleh pemerintah. Selain itu, Anda bisa berkonsultasi dengan Maybank Finance untuk mencarikan solusi terbaik untuk masalah finansial Anda dengan tepat dan minim resiko. Hubungi Maybank Finance dan atasi masalah cicilan mobil Anda, sekarang juga.

sumber

  • https://benefits.bankmandiri.co.id/article/solusi-efektif-untuk-kamu-yang-gak-bisa-bayar-cicilan-mobil
  • https://kumparan.com/kumparanoto/nyerah-bayar-cicilan-mobil-di-tengah-jalan-sebaiknya-lakukan-ini-1vrTHqWyNHI
  • https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/tidak-sanggup-bayar-cicilan-mobil#

 

3 Solusi Jika Tidak Sanggup Lagi Membayar Cicilan Mobil

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *