Harmoni di Pura Batu Bolong Lombok NTB

Batu Bolong adalah nama salah satu pura Hindu yang populer di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lokasi Pura Batu Bolong berada pada salah satu situs geologi pantai Batu Klayar, yaitu sebuah pantai di selatan pantai Senggigi dengan teluk yang terbentuk dari batuan lava andesit-basalan hasil warisan situs geologi kawasan Geopark Rinjani Lombok.

Sama seperti namanya, Pura Batu Bolong memiliki batuan menjorok ke arah laut yang berlubang. Layaknya sebuah teluk dengan terowongan di bawahnya, yang telah terbentuk karena adanya abrasi laut. Pada batuan tersebut Pura Hindu yang biasa digunakan masyarakat sekitar, menjulang tinggi ke atas.

Pura Batu Bolong Lombok NTB

 

Sebuah Harmoni di Pura Batu Bolong Lombok NTB

 

Lokasi wisata ini akan sangat  ramai dikunjungi saat terlaksananya upacara Kuningan dan Galungan. Kita dapat melihat bagaimana masyarakat adat melakukan upacara di sekitaran Pantai Batu Klayar dengan pakaian Hindu.

Jika Anda datang di waktu Lebaran tiba, maka Anda akan melihat harmoni dalam keberagaman agama di sekitaran Pura Batu Bolong. Umat Islam di Lombok akan berbondong-bondong membanjiri pantai depan Pura untuk menikmati opor ayam, kue beras, dan serundeng taliwang bersama-sama.



Lokasi wisata Batu Bolong ini sendiri selalu ramai dikunjungi wisatawan, mengingat ada banyak tempat nongkrong di pinggir pantai untuk menikmati sunrise maupun sunset dengan pemandangan yang indah.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pura, kamera adalah hal yang harus Anda bawa ke tempat ini, karena Anda akan menemukan banyak hal untuk diabadikan. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat Gunung Agung di pulau Bali yang menjulang tinggi.

Jika Anda datang di sore hari, matahari tenggelam dan perubahan warna langit dari sore ke petang dengan siluet Pura Batu Bolong menjadi pemandangan yang tidak bisa Anda lewatkan.

Untuk masalah akomodasi dan fasilitas, wisatawan tidak perlu khawatir karena banyak disediakan hotel dan resort yang terjangkau di sekitaran pantai dan Pura Batu Bolong. Lokasi Batu Bolong terletak 20 menit dari pusat Kota Mataram sehingga sangat mudah dikunjungi menggunakan taksi.

Lombok telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai pintu salah satu gerbang pariwisata Indonesia dalam Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Sehingga bisa dikatakan Lombok – NTB merupakan salah satu etalase utama pariwisata Indonesia saat ini.

 

Pura Batu Bolong Lombok NTB – Kanal Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *