Pengalaman Berharga Saat Wisata Di Italia

Pengalaman berharga saat wisata di Italia. Pengalaman kecopetan di bandara Venice membuat kami berhati-hati atas semua harta berharga. Teman kami kehilangan paspor, uang, dan laptop yang diletakannya dalam tas diatas troli di bandara Venice. Begitu cepat barang melayang, meski pemiliknya masih memegangi troli. Teriakan tak mampu menghentikan kawanan copet ini, dan tak seorangpun menolong.

Kehilangan ini membuat kami memahami mengapa di semua tempat umum termasuk mesin karcis di stasiun selalu ada tulisan peringatan untuk mewaspadai copet dan di hotel untuk tidak meninggalkan barang berharga.

jalan-jalan di wisata italia

Mengingat bahasa Italia tidak kami kuasai dengan baik maka komunikasi seringkali ada hambatan. Pelayanan publik kebanyakan menggunakan bahasa Italia. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang kurang dimengerti oleh polisi, layanan di stasiun kereta api, bandara dan restoran atau café.

Mengurus paspor yang hilang dilakukan di kedutaan besar Indonesia di Roma, dengan melampirkan laporan kehilangan dari polisi bandara, fotokopi paspor dan pasfoto. Pas foto dapat dibuat di kotak foto di stasiun kereta api, seperti kotak berfoto di mal-mal Jakarta. Dalam waktu tak sampai satu jam pengurusan paspor sementara dapat diselesaikan oleh pejabat di kantor Kedutaan Besar Indonesia di Roma.

Pengalaman lain yang singgah pada kami adalah tertelannya uang di mesin karcis kereta api di stasiun Pisa. Uang yang kami masukkan tidak direspon dengan keluarnya karcis dan uang kembalinya. Ketika kami melapor kepada petugas stasiun, kami diberi tanda lapor untuk disampaikan ke kantor stasiun besar di Florence esok harinya. Meski dengan keraguan kami pergi juga ke stasiun Florence dua hari kemudian.

Penasaran akan layanan publik kepada turis, kami pergi ke stasiun besar Florence. Antrian panjang penerima keluhan publik di stasiun tak menyurutkan niat kami untuk memperoleh uang kami kembali. Ternyata, dengan Bahasa Inggris yang patah-patah mereka mengatakan uang dapat diambil dua bulan lagi. Luar biasa. Karena itu kami sarankan, bila anda membeli karcis di mesin usahakan uang kecil saja biar kalau tertelan tidak rugi banyak.

Pengalaman berharga saat wisata di Italia dikisahkan oleh Ratna Sugeng saat menghadiri  Konferensi Para Ahli Adiksi. 

 

Pengalaman Berharga Saat Wisata Di Italia – Kanal Wisata

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *