Menjelajah Alam Indonesia dengan SuperMoto

Sepeda motor selain dapat digunakan sebagai sarana transportasi juga dijadikan ajang menyalurkan hobi pemiliknya untuk melakukan perjalanan menjelajah kota-kota di Indonesia.

Supermoto

 

Saat ini kegemaran orang akan motor Supermoto untuk penjelajah semakin banyak, karena motor ini selain tangguh ternyata sangat cocok digunakan di bumi nusantara yang jalannya naik turun, sempit, berkelok kelok dan jelek, bahkan klub-klub yang berdiri pun ada di tiap-tiap daerah di Indonesia.

Namun untuk grup supermoto belum banyak yang tahu, mungkin karena harga motornya yang sedikit lebih mahal, dan orang belum paham untuk membedakan mana yang disebut dengan motor trail dan mana yang disebut supermoto.

Supermoto adalah Motor Trail yang dimodifikasi memakai ban Motor gede, sehingga diperoleh kelebihan motor Trail dan Moge, dimana dijalan jelek, berlobang dan meloncat setangguh motor Trail dan bila dikendarai di jalur aspal bisa merasakan stabilnya motor dengan ban besar.

Motor ini sangat cocok digunakan di Indonesia, seperti di tepian selatan Pulau Jawa, Pulau Sumatera atau pun Sulawesi. Sebenarnya Supermoto sudah ada sejak tahun 1985, dimana saat itu diadakan perlombaan sepeda motor dengan menggunakan trek tunggal yang menggabungkan trek lintasan balap, motorcross, dan balap jalanan.

Dari sinilah terbentuk ide untuk menyempurnakan motor tersebut yang akhirnya menjadi supermoto yang terkenal di Benua Eropa dengan kejuaraan Supermoto, dimana motor bisa meloncat dan drifting panjang (belok dengan sliding/rebah) yang sangat memukau.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Sewa Bus Semarang Untuk Wisata di Semarang

Menjelajah Alam Indonesia dengan SuperMoto

Bagi petugas Bea Cukai, sepeda motor selain dapat digunakan sebagai sarana transportasi juga dijadikan ajang menyalurkan hobi pemiliknya untuk melakukan perjalanan menjelajah kota-kota di Indonesia atau daerah disekitar tempat penugasannya.

Menjelajah Alam Indonesia dengan SuperMoto

Siswa Murwono, seorang karyawan Bea dan cukai yang memperoleh penugasan di luar Jawa, berpendapat bahwa sebagian besar pegawai menginginkan untuk segera dapat mutasi ditempat yang nyaman. Yang menjadi masalah adalah mutasi itu biasanya akan keluar paling tidak setahun atau lebih.

Banyak waktu luang yang tidak dimanfaatkan oleh mereka, karena kurangnya semangat untuk mengeksplorasi daerah atau wilayah tempat penugasannya, karena ketidaktahuan kita akan alam sekeliling kita yang indah yang dilewatkan begitu saja.

Siswa Murwono selalu menjelajah sudut-sudut wilayah kerjanya pada waktu luang untuk mengetahui segala sesuatu dari lokasi Tambang Batubara,di Gunung Bayan, Tambang Emas hingga perminyakan dan keberadaan Rig dan kapal-kapalnya di seputaran Muara Jawa Kaltim. Maka tidak heran kalau dirinya paham benar akan seluk beluk daerah penempatannya karena hampir setiap minggu dia mengelilingi daerah tersebut di waktu luangnya.

Touring yang telah dijelajahi untuk Sumatera Tahun 2011 : Medan, Tapak Tuan, Meulaboh, Calang, Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa kembali ke Medan. Tahun 2012 : Makasar, Pare Pare, Tanah Toraja, Poso, Pantoloan, Toli Toli, Kwandang dan finis Manado sejauh 2558 km. Tahun 2013 dari Merak , Lampung, Liwa, Bengkulu, Muko Muko, Padang dan berakhir di Bukit tinggi.

Pada tahun 2013, ada 3 Propinsi di Pulau Jawa yang telah dijelajahi. Tahun 2014 touring pertama dimulai di awal tahun yaitu Surabaya, Bali, Lombok/ Mataram, Sumbawa Besar, Bima menyeberang ke Labuhan Bajo/ Flores utk berkunjung ke Pulau Komodo, dan touring kedua dilaksanakan setelah bulan puasa seperti Banjarmasin, Barabai, Penajam, Balikpapan, Samarinda kembali ke Samarinda, Balikpapan, Tanah Grogot, Tanah Bumbu, Pelaihari finis Banjarmasin. Terakhir, di tahun 2014 juga kemudian kami melakukan touring yang ketiga diantaranya Merak, Palembang, Jambi, Air Molek sampai Pekan Baru sejauh 1550 km.

Untuk touring yang sudah dilakukan Siswa, telah membuahkan Buku Jurnal Supermoto Tepian Jawa yang bercerita tentang perjalanan seputar Pulau Jawa dengan cerita perjalanan, sejarah dan edukasi tentang apa itu Motor Supermoto sebagai buku pertama yang mengupas Supermoto dengan cerita konflik yang ditulis dengan cara tidak menggurui kepada para pembacanya yang telah diulas oleh Tabloid Motor Plus.

Buku kedua Jurnal Supermoto Jalan Tengah Sumatra yang menceritakan perjalanan, sejarah sumatra , konflik dan pembahasan motor Supermoto secara detail sebagai panduan untuk membangun atau untuk memiliki motor Supermoto yang benar dan tangguh.

Info menarik otomotif: Upgrade Mobil di Seva Mobil Bekas

Kegemaran Siswa Murwono mengendarai motor trail sudah dilakoni sejak masih duduk di bangku SMA tahun 1975 yang dikala itu terkenal Film Ali Topan, Anak Jalanan dengan menunggang motor trailnya di Semarang. Maka tak heran jika kegemarannya terus ditekuni hingga akhirnya kini ia menjadi salah satu pendiri Group sepeda motor khusus dari jenis Supermoto yang digunakan untuk touring menjelajah nusantara dengan nama “SMOG” atau SuperMoto Owner Group.

Group ini semakin besar dengan anggota Club motor Supermoto di Seantero Indonesia dengan bergai karakter dan merek motor, yang semakin banyak karena Group ini selalu menekankan kebersamaan dan Trust/kepercayaan, sehingga jika kita sudah memperoleh kepercayaan maka kepercayaan itu harus dijaga dengan baik, karena sekali terlepas sangat sulit untuk mendapatkannya kembali.

sumber: WBC

Menjelajah Alam Indonesia dengan SuperMoto

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *