Catatan Perjalanan ke Garasi PO. Sumber Group

Kanal wisata mencoba menulis ulang perjalanan ke Garasi PO. Sumber Group (sumber group) yang dahulu lebih dikenal dengan nama PO Sumber Kencono di Krian, Sidoarjo, Jawa Timur yang pernah dimuat di blog wisatasiana.

Tulisan ini merupakan catatan perjalanan dari opowaeono dan paaluppie yang ditulis oktober 2013 untuk mendapatkan informasi hubungan antara  PO. Sumber Group dengan SGLoverz (Komunitas Pecinta Bis Selamat Group) sebagai bahan untuk menyelesaikan Skripsi. Kita ikuti kisah selengkapnya yang telah di-modifikasi tanpa mengubah maksud dan tujuan.

Garasi PO. Sumber Group

Berangkat dari rumah sekitar pukul 21.00 WIB dan sampai di Terminal Penumpang Bus Yogyakarta Giwangan sekitar setengah 10 malam. Setelah menitipkan sepeda motor di penitipan 24 jam Kami berjalan lewat peron dan membayar 1000 rupiah (peron untuk 2 orang) agar kami dapat masuk terminal. Bus Sumber Selamat W 7017 UZ “The Buaya Bus” yang akan kami naiki nantinya, berdasar dari saran om @wawanpepe. Dikenal dengan sebutan “Buaya Bus” dengan tertempelnya stiker di kaca pintu depan kiri. menurut Om @wawanpepe kalau pengin tidur naik bis ini aja. Nah ini, 22:30 WIB bis ini meninggalkan Giwangan.

Benar saja, RPM dari Hino AK8 ini selalu di putaran tinggi. Gaya pembawa driver kali ini kenceng tapi halus. Halus ketika perpindahan gigi persneling tidak terasa tersentak. Pembawaan yang halus menurut saya, keluar giwangan terus berjalan cukup kencang sambil menyisir jalanan mencari penumpang. Tanpa babibu, perjalanan bus terus melaju ke arah solo. Inilah mengapa bus-bus Sumber terkenal dengan ketepatan waktu. Memasuki perbatasan prambanan DIY-Jateng, penumpang mulai penuh. Ditambah dengan gerimis rintik-rintik di sepanjang perjalanan jogja. Dengan gaya khas bus-bus Sumber, tetap tidak menurunkan RPM di kala hujan. Tetap dengan gaya gesit menyalip truk, bus dan kendaraan kecil dengan kecepatan tinggi. Kecepatan tinggi yg saya maksud adalah range 80-100Km/Jam : masih dalam batas kecepatan untuk perjalanan jarak jauh.

Memasuki Terminal Solo, 7017 UZ sekitar jam 23.30. Jogja-Solo yang ditempuh sekitar hanya 1 jam. Selepas solo bis ini cukup memberikan suguhan manuver yang keren. Tapi manuver-manuver yang dilakukan tidaklah berbahaya, kencang dan halus Gaya 7017 UZ. Yang menarik di 7017 UZ ini adalah lampu jarak jauhnya kadang berkedip secara bergantian kanan dan kiri. Sang Driver pun juga selalu membunyikan klaksonnya ketika melewati jembatan-jembatan. Cukup puas sudah naek 7017 UZ ini sampai surabaya.

Memasuki Terminal Bungurasih sekitar pukul 04.30 pagi hari. Sang Kernet bertanya kepada saya. “Mau kemana mas?” dengan gaya logat Suroboyonan, saya jawab, “Mau ke garasi pak.” “Garasi sumber tah, bareng ae mas…?” Tapi karena kami harus ke Pasuruan dulu, saya mengucapkan terima kasih ke pak Driver dan pak Kernet. Semoga ketemu lagi.

Garasi PO. Sumber Group

Berangkat dari Pasuruan kira-kira pukul 09.00 WIB, dan sampai Krian, Sidoarjo tempat Garasi Bus Sumber Group/Selamat Group kira-kira pukul 11.00 dengan mengendaraisepeda motor pinjaman SupraX 100. Di saat matahari yang terik.

Di kantor keamanan Garasi Sumber grup ada 2 orang keamanan berseragam putih biru, ya satpam orang-orang menyebutnya. Tapi di sini satpam tidak hanya bertugas menjaga area garasi maupun bertanya kepada tamu atau orang yang masuk ke garasi. Satpam ini juga bertugas melakukan kontrol bagi bus yang keluar dan masuk garasi termasuk kontrol jam keberangkatan ke terminal bungurasih. Memberikan dan menerima Surat Kelengkapan Bus kepada Kru bus yang bertugas. Menjajarkan bus di tempat keberangkatan. Ternyata tugas satpam ini lumayan banyak yak, bahkan seperti tugas mandor juga dirangkap.

garasi sumber kencono

Singkat cerita kami menemui satpam yang agak tua dengan mengutarakan maksud kedatangan kami jauh-jauh dari Jogja ke Krian, Sidoarjo untuk keperluan bertemu dengan Pihak Manajemen PO.Sumber Group atas rekomendasi rekan-rekan SGLoverz sebuah komunitas penggemar bus. Memang tujuan kami adalah untuk memenuhi kelengkapan skripsi dari @danartripalupi untuk berbincang-bincang kepada Manajemen Po. Sumber Group. Kemudian bapak satpam ini menelepon Bp. Tukiman yaitu Manajemen PO.Sumber Group.

Berjalan dengan merapikan pakaian kami berdua, bismillah semoga tanggapan Bp. Tukiman dengan kedatangan kami disambut dengan baik. Mengambil BB di kantong, set untuk merekam percakapan kami nanti dan menyiapkan kamera digital sebagai bukti bahwa kami telah melakukan kunjungan ke Garasi Sumber Group. Berjalan dengan SEMANGAT 45, memasuki ruangan manajemen ada 2 orang bapak, satu orang beperawakan umur 50tahunan dan satu lagi 40 tahunan. Yup, inilah Bp. Tukiman yang kami cari dari tadi siang..hehehe dan yang satu adalah Bp. Sumadi bagian Personalia.

Sambutan hangat dengan jabatan tangan bersahabat menyambut kedatangan kami di ruang manajemen tersebut. Seperti kami pernah bertemu sebelumnya. Bapak Tukiman ngobrol seolah-olah tidak ada batasan kepada kami. Dalam hatiku, “alhamdulilah, matur nuwun Gusti sampun diparingi kesempatan”. Saya mengawali pembicaraan dengan Bp. Tukiman tentang maksud dan tujuan kami datang, serta menceritakan sedikit tentang kejadian di ruang satpam tadi.hehehehe ;p Sepertinya Bp. Tukiman pun maklum dengan “ulah” satpam yang agak tua itu..

Dengan gaya yang meyakinkan seolah sedang berhadapan dengan Direktur sebuah perusahaan besar, @danartripalupi mengutarakan maksudnya untuk mendapatkan ijin mewawancarai Bp. Tukiman guna melengkapi data guna keperluan skripsinya. Oke, BB ready untuk merekam wawancara saat itu. Dan 20 menit waktu yang dibutuhkan untuk mengakhiri sesi wawancara. Wawancara semi terstruktur yang dilakukan @danartripalupi seakan membuat ruangan itu tak pernah senyap. Bp. Tukiman adalah seorang yang humoris ternyata, suka tertawa dengan sebuah ungkapan kecil.

Wawancara yang dilakukan @danartripalupi adalah berusaha mencari data tentang hubungan antara PO. Sumber Group dalam hal ini adalah Manajemen dengan SGLoverz yaitu Komunitas Pencinta Bus Sumber Group. Semua pertanyaan dan jawaban tentang itu sekarang sudah menjadi skripsi yang menelisik secara jauh bagaimana hubungan komunitas dan sebuah perusahaan otobus terjalin dan memberikan efek mutualisme yang sebelumnya belum pernah terjadi. Semua dilakukan karena satu hal “KECINTAAN”. Serta hal-hal yang menjadi bekal oleh perusahaan ini yaitu “SAFETY FIRST”. Seperti pada beberapa hasil yang kami dapatkan dari area garasi.

PO utamakan selamat

Di akhir sesi wawancara kali, saya berusaha memohon kepada Bp. Tukiman untuk bersedia di foto bersama @danartripalupi bahwa kami telah datang untuk bertemu dengan Bp. Tukiman. Ternyata Bp. Tukiman malah mengajak kami untuk berfoto di depan bus saja..walaaahhhhaaa……jekpot ini…apalagi berfoto di depan Golden Star, Sang Legacy SR1 Hino RK8 Divisi Pariwisata PO. Sumber Group yang masih hangat-hangatnya di kalangan penggemar bus.

Manajemen PO.Sumber Group

Sesi foto-foto kali ini oleh @danartripalupi, Bp. Tukiman, & Bp.Sumadi dengan latar Bus Golden Star. Dibarengi dengan cerita dari Bp. Tukiman bahwa pada kunjungan garasi sebelumnya, teman-teman dari komunitas bus SGLoverz difasilitasi oleh pihak Garasi Sumber Group untuk jalan-jalan ke Suramadu menggunakan 2 Unit Golden Star. Dan beberapa hal lainnya dalam perbincangan singkat tersebut. Tak berapa lama, Bp. Tukiman memberikan kami berdua waktu untuk berfoto di depan bus dan beberapa areal Garasi Sumber Group.

 

bus pariwisata sumber group

Hah,,,puas sudah kami berdua foto-foto, terima kasih kepada Bp. Tukiman Manajemen PO.Sumber Group, Bp. Sumadi Personalia PO.Sumber Group, dan Bp. Setiyaki Sasongko Owner PO. SUmber Group yang kala itu sedang tidak berada di tempat yang telah memberikan kami kesempatan untuk melihat, dan mendengarkan secara langsung tentang Perusahaan Otobus yang BESAR ini.

 

PO sumber selamat

Cukup semua yang dibutuhkan, mulai mendung berselimut di awan krian siang menjelang sore kala itu. Waktu menunjukkan waktu sekitar 14.30 mengharuskan kami berdua berpamitan dengan Bp. Tukiman dan Bp. Sumadi yang telah berkenan memberikan waktunya yang sangat berharga kepada kami. Terima Kasih bapak.

Berpamitan dahulu kepada satpam muda dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikannya tadi. Kami pun meninggalkan Garasi Sumber Group dengan sangat bersyukur. Telah dimudahkan proses perjalanan kami hingga saat itu. Memperoleh apa yang kami butuhkan demi menyelesaikan skripsi.

Alamat Garasi PO. Sumber Group adalah :

Jl. By Pass Krian Surabaya KM 25.
Telp : (031) 8973558 – 8973559
SMS Center : 0815 510 4883 / 0856 4625 2100
Website : www.sumbergroupbus.com / www.goldenstarwisata.com
Krian, 10 April 2013
Sumber tulisan dan gambar: http://opowaeono.blogspot.co.id/2013/10/perjalanan-ke-garasi-po-sumber-group.html

 

One comment

  1. Iki Hloo rajane jalanan wilayah Jatim & Jateng…skag wis mundak anteng gak koyo mbien ….semoga makin jaya Sumber Kencono cs

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *