Bismania Komunitas Penggemar Bus

Mungkin bagi sebagian orang hobi yang satu ini sangat tidak biasa bahkan banyak yang bilang hobi ini hanya untuk orang aneh. Bagaimana tidak, jika seseorang memiliki hobi gemar memandangi sesosok alat transportasi yang bernama “BUS” dan semakin terpesona jika bisa menikmati perjalanan dengan menggunakan bus tersebut baik untuk touring maupun pergi ke suatu daerah.

Bismania komunitas

Kegemaran ini semakin berlanjut ketika mereka melihat berbagai macam bus mulai dari karoseri maupun type mesin yang menjadi dapur pacunya, maka tidak heran kalau para penggemar bus ini sering mendiskusikan bus yang mereka idolakan mulai dari karoseri yang dipakai hingga mesin yang digunakannya.

Bismania: Penggemar Bus

Saat ini para penggemar bus semakin banyak bermunculan dan mereka membuat wadah perkumpulan masing-masing. Mulai yang hanya perkumpulan biasa saja hingga yang menjadikan perkumpulan ini sebagai lahan bisnis.

Latar belakang para penggemar bus ini juga sangat beragam, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga kalangan pekerja baik swasta maupun PNS. Banyak pelajar, mahasiswa, pegawai yang berasal dari berbagai daerah khususnya di pulau Jawa, melakukan pulang kampung seminggu sekali atau “PJKA” (Pergi Jumat Kembali Ahad), yang umumnya menggunakan transportasi darat.

Untuk mendapatkan informasi tentang bus yang akan membawa mereka pulang, tentunya membutuhkan peran orang lain agar tiket mudah di dapat dan bus yang digunakan benar-benar sesuai dengan yang kita inginkan, mengingat hari dan jam keberangkatan mereka merupakan saat yang sibuk karena hampir tiap orang ingin kembali ke kampungnya. Dengan saling membantu dan saling memberikan informasi tersebut, akhirnya sekumpulan orang yang gemar naik bis ini membentuk suatu komunitas yang bernama Bismania.

Komunitas bismania muncul karena kesamaan hobi dan kebutuhan akan transportasi darat, yaitu Bus. Mereka umumnya menggunakan bus karena selain harga tiketnya relatif murah, menggunakan bus juga dapat menikmati perjalanan malam yang memiliki sensasi tersendiri. Selain itu, kegemaran mereka naik bus juga bisa dikarenakan mereka mempunyai pengalaman menarik dengan bus.

Yang lebih menarik lagi, komunitas Bismania selalu bertukar informasi jika ada bus-bus yang baru, sehingga bisa dijadikan bahan diskusi bagi para anggota komunitas sebelum mereka mencobanya langsung. Karena untuk anggota yang masih muda-muda umumnya mereka sangat antusias untuk langsung mencoba jika ada bus yang baru keluar.

Sementara itu menurut Gani yang juga sebagai pencetus komunitas Customs Bismania (komunitas bismania dari kantor Bea dan Cukai) mengatakan, awalnya kegemaran mereka ini sendiri-sendiri tapi dari obrolan antar teman yang ternyata menyukai bus juga, mereka pun sepakat untuk membentuk komunitas.

“Jadi awalnya itu tahun 2010 kami membentuk komunitas Customs Bismania yang tujuannya untuk berbagi informasi jika akan temanteman yang akan pulang maupun yang akan melakukan perjalanan dinas. Dari situ terus berkembang bukan hanya info bus tapi kami jadi suka mendiskusikan body maupun mesin yang digunakan bus, dan pada akhirnya akan mencoba menaiki bus tersebut,” ungkap Gani.

 

Bismania: Komunitas Penggemar Bus

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *